Hasil uji tabrak (crash test) dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra baru saja diumumkan beberapa waktu lalu. Kedua mobil LCGC terbaru itu berhasil meraih 4 bintang untuk kategori perlindungan dewasa (AOP = Adult Occupant Protection). Sementara untuk perlindungan anak-anak (COP = Child Occupant Protection), Calya berhasil meraih 4 bintang, sedangkan Sigra hanya meraih skor 2 bintang.
Perlu dicatat disini bahwa hasil uji tabrak Sigra mempunyai 2 hasil, yaitu 4 bintang untuk Sigra dengan dual airbag dan 1 bintang untuk Sigra tanpa airbag.
- Hasil Uji Tabrak ASEAN NCAP, Honda BR-V Raih Skor 5 Bintang
- Hasil Uji Tabrak ASEAN NCAP Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Datsun Go, Siapa yang Paling Aman?
- Wew… Ternyata Datsun Go Tidak Lulus Uji Tabrak NCAP!
Nah, sekarang kita flashback ke beberapa waktu lalu dan mencoba membandingkan dimana beberapa mobil buatan Indonesia juga sudah berhasil menjalani uji tabrak dari AseaNCAP. Sebut saja Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Datsun Go. Sayang untuk Honda Mobilio masih belum diuji oleh AseaNCAP, jadi tidak bisa dibandingkan disini walaupun untuk Honda Mobilio rakitan India sebenarnya pernah menjalani crash test Global NCAP dengan hasil 0 bintang (tanpa airbag) dan 3 bintang (dengan airbag).
Untuk lebih mudah, mari kita lihat perbadingannya dalam tabel berikut :
Terlihat jelas bahwa secara sekilas, mobil yang paling tidak aman bukan Datsun Go yang paling murah, melainkan Daihtsu Sigra tanpa Airbag. Sedangkan mobil paling aman justru datang dari kelas LCGC, yaitu Toyota Calya!
Bagaimana bisa? Ada beberapa catatan yang perlu kita garis bawahi, yaitu :
- Hasil AOP dari Sigra tanpa airbag sebenarnya sama dengan Datsun Go, yaitu 6.82 poin. Tetapi menurut AseanCAP, karena hasil fatal di kepala saat uji tabrak Sigra, maka hasilnya dikurangi menjadi 1 bintang. Berikut penjelasan dari AseanCAP :
“Daihatsu Sigra shares the same platform as the recently tested Toyota Calya. Unlike Calya, Sigra’s tested variant that is without airbag only achieved 6.82 points for the Adult Occupant Protection (AOP) category. The point is actually within the 2-Star range but due to serious head injury, it was relegated to 1-Star.”
- Toyota Calya lahir paling akhir, sehingga fitur keselamatan sudah pasti ditingkatkan oleh Toyota
- Toyota Avanza dan Xenia yang dites oleh AseanCAP adalah keluaran tahun 2013, pastinya berbeda dong dengan Toyota Avanza dan Xenia keluaran terbaru? Sayangnya Avanza dan Xenia keluaran terbaru belum menjalani uji tabrak.
Jadi, untuk saat ini “berbanggalah” bagi yang memiliki Toyota Calya, ternyata diantara mobil LCGC lainnya dan bahkan mobil non LCGC di atas, Calya terbukti yang paling aman berdasarkan AseaNCAP. Dan hasil ini harusnya menjadi pemacu bagi pabrikan lain agar selalu meningkatkan tingkat keselamatan mobil-mobil yang diproduksinya 🙂
Related Post
- Jeep Wrangler Paling Gres Hanya Meraih 1 Bintang dalam Uji Tabrak!
- Mengecewakan, Suzuki Jimny Hanya Meraih Bintang 3 Dalam Uji Tabrak!
- Mitsubishi Xpander Raih 4 Bintang di Uji Tabrak Asean NCAP Versi Terbaru
- All New Honda CR-V Raih 5 Bintang dalam Crash Test Asean NCAP Versi 2017
- Hasil Uji Tabrak Suzuki Ignis, Amankah?
- Perbandingan Uji Tabrak Antara Avanza, Xenia, Ertiga, Datsun Go, Calya dan Sigra. Siapa yang Paling Aman?
- Hasil Uji Tabrak ASEAN NCAP, Honda BR-V Raih Skor 5 Bintang
- Hasil Uji Tabrak ASEAN NCAP Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Datsun Go, Siapa yang Paling Aman?
- Wew… Ternyata Datsun Go Tidak Lulus Uji Tabrak NCAP!
- Inilah Mobil-mobil yang Mendapat Diskon PPnBM, Termasuk Toyota Raize dan Daihatsu Rocky!!
- Toyota New Agya Hadir dengan Harga Hingga 169 Jutaan, Masih Layak Disebut LCGC?
- Suzuki XL7 Sapa Warga Batam, Sudah Murah Banyak Promonya Lagi!
- Suzuki XL7 Mengaspal Di Indonesia, Paling Murah di Kelasnya!
- Toyota Raize Hadir Sebagai Pengganti Rush. Pakai Mesin Turbo 3 Silinder 98 PS!
- Honda Jazz/Fit 2020 Buka Selubung di Tokyo Motor Show 2019, Hadir dalam 5 Varian
- Brosur Honda Jazz/Fit 2020 Bocor, Ada Versi Crossover Juga!
- Esemka Unggah Foto-foto Garuda 1, Segera Diluncurkan Nih!
- Mesin Legendaris Subaru, EJ20 Segera Berakhir dengan EJ20 Final Edition!
- New Daihatsu Sigra: Banyak Berubah Tapi Harga Hanya Naik Sedikit
Wooohhh ternyata lebih safety
Sigra tanpa Airbag cuma dapat 2 bintang ya , lalu bagaimana dengan Calya tanpa Airbag ?
Semua Calya pakai Airbag om… 🙂
sayang banget dah mobilnya di uji tabrak mending buat gw aja
wkwkwk… mau yg bekas uji tabrak? 😀
mesinnya aja kalo masih utuh buat modif
Ada harga ada fitur.. Keselamatan memang begitu berharga
Keselamatan memang tiada duanya. Jangan sampai pabrikan berpikir bahwa keselamatan di jalan itu nomor 2
Pingback: Toyota Avanza Kembali Menjadi Raja di Bulan November 2016 | MivecBlog.com
Pingback: Mitsubishi Xpander Raih 4 Bintang di Uji Tabrak Asean NCAP Versi Terbaru | MivecBlog.com