Lanjutan dari artikel sebelumnya di link ini tentang klakson si Kyo yang mati dan harus dibongkar clock springnya. Seminggu setelah keluar dari bengkel, klaksonnya mati lagi. Bener deh apa yang dibilang mekaniknya 😐
Setelah kemarin melihat mas mekanik bongkar stir dan clockspring, akhirnya saya putuskan untuk bongkar sendiri. Selain yakin karena problemnya sama dengan kemarin, juga agar irit hehe.
Ok, untuk memperbaiki klakson Lancer Evo 4 langkah-langkahnya adalah :
1. Buka Klakson dan juga Airbag (Hanya Lancer Mivec dan SEi saja yang ada Airbagnya) dengan cara melepas 2 buah baut di samping. Aslinya baut ini menggunakan kunci bintang, tetapi Lancer saya sudah diganti dengan baut + biasa jadi lebih mudah 🙂
Saya sertakan juga foto dari Otomotrip.com sebagai pelengkap.
2. Tarik klakson dan lepaskan kabel klaksonnya. Kalo dah kebuka, kelihatan seperti gambar di bawah.
3. Pakai Kunci Shock 19, buka baut pengunci stir tetapi jangan sampai terlepas bautnya. Hal ini untuk menahan stir waktu ditarik karena biasanya susah dan jika menariknya terlalu keras bisa-bisa menghantam wajah kita. Kalau sudah kendor, tarik pelan-pelan stir sampai terlepas. Jika stir belum pernah dibuka sama sekali, biasanya harus sedikit dihentak
4. Jika sudah terlepas stirnya akan kelihatan Clockspringnya dengan ciri khas berwarna kuning. Untuk membuka CLockspring, lepaskan baut penguncinya seperti gambar dibawah. Hati-hati dalam membuka Clockspring karena semua material dari plastic sehingga mudah pecah atau patah.
5. Nah jika sudah terlepas Clockspringnya, mulailah proses pembongkaran Clockspring yang sesungguhnya :).
6. Bongkar clockspring dengan mencungkil klipnya (hati-hati). Jika sudah terlepas maka akan kelihatan kabel spriral di dalamnya.
7. Buka pelan-pelan kabelnya untuk mengecek bagian mana yang putus. Setelah ditemukan bagian yang putus, solder dengan hati-hati karena plastik pelindungnya mudah meleleh. Tapi maaf untuk foto saat menyolder tidak ada karena waktu ngerjain ini hanya sendirian.
8. Setelah disolder, jangan lupa untuk melindungi solderan dengan selotip/tape yang biasa dipakai untuk menyambung kabel listrik karena selotip ini sangt fleksibel.
9. Dan untuk memasang kembali, tinggal kebalikan dari cara membukanya 🙂
Dan untuk si Kyo – Lancer Evo 4 Mivec, alhamdulillah sampai sekarang sekitar 6 bulan masih lancar klaksonnya.
Related Post
- DIY : Cara Mudah Membersihkan atau Mengganti Filter Kabin Honda Jazz/Fit
- DIY : Mengatasi Spion Lancer Yang Tidak Bisa Godek-Godek
- DIY : Membersihkan Indoor Unit AC Samsung
- DIY : Ganti Lampu Speedometer Lancer CK4 aka Evo 4
- Mengganti Kapasitor ECU Lancer
- DIY : Ganti Lampu Kabin/Plafond Lancer CK4
- Perawatan Mobil yang Dapat Dilakukan Sendiri
- DIY : Membuka Door Trim Belakang Lancer
- Ganti Bohlam Sein Fender Lancer Evo 4
- Klakson Kyo – Si Lancer Evo 4 Mati Lagi, Saatnya DIY!
Makasih infonya gan.
Keep posting.
Sama-sama gan, semoga berguna
nice share..
vote bermanfaat.
Suwun masbro…
Malam bang, mau tanya setelah disolder sampai saat ini masih berfungsi dengan baik? Makasih ya