Sebelum saya membeli si Kyo aka Lancer Evo 4 Mivec, saya tertarik dengan 2 jenis sedan lainnya, yaitu Honda Civic Ferio dan juga Toyota All New Corolla. Budget harga waktu itu sekitar 50 s/d 80 juta untuk membeli mobil-mobil di Batam tahun 2011. Dengan kisaran harga segitu, di Batam kita bisa mencari mobil-mobil (sedan) keluaran tahun 1997 s/d 2000-an, seperti Corolla, Civic, Lancer, Nissan Sunny, Accord, Corona, Galant, Soluna, dll.
Untuk Accord, Galant dan Corona langsung saya coret karena cc yang tinggi, otomatis secara teori lebih boros, maklum kantong cekak :D. Walaupun kalau di Batam banyak juga Corona dengan cc 1.6 Liter atau Accord 2.0 Liter, namun pastinya harga sparepartnya lebih mahal dibandingkan kelas sedan di bawahnya. Sedangkan untuk Nissan Sunny, selain karena buta sama sekali dengan Nissan juga modelnya kurang sreg 😀
Jadi sebelum memutuskan, saya coba nyelem dulu sama mbah google kira-kira kelebihan dan kekurangan dari mobil-mobil tersebut. Dari berbagai sumber, saya merangkumnya untuk saya jadikan pegangan.
1. Mitsubishi Lancer CK4 aka Evo 4
Mobil ini merupakan salah satu mobil idaman anak muda yang notabene seneng ama kebut-kebutan, mungkin karena termakan image EVO asli ( walaupun tenaganya pas-pasan 112 hp) dan kadang modifikasi ancur-ancuran sehingga membuat tampilannya tambah kacau. Jadi harus berhati-hati dan jeli dalam memilih mobil ini. Tampilan body keren dan gak lekang oleh jaman. Body-nya juga agak lebih bongsor dibandingkan Corolla maupun Ferio.

Lancer Ck4
System suspensi Lancer model Mc Person di depan, dan belakang menggunakan multi link. Kekurangannya, kaki-kaki lemah sehingga harus diperhatikan bila selalu lewat jalan jelek. Mesinnya yang digunakan Lancer CK4 bisa dibilang biasa saja, 4G92 SOHC 1.600 cc dengan tenaga 112 hp dan torsi 137 Nm, walaupun kata orang bisa sampai 200 Km/jam. Kalau di Batam ada yang versi Mivec dengan mesin DOHC, tenaga sekitar 172 HP ⭐
Selain dari kaki-kaki juga Lancer CK4 biasanya memiliki masalah pada idle-upnya atau biasa disebut Servo. Jika sudah problem, maka dalam keadaaan idle terutama ketika nyala AC, RPM akan naik turun bahkan hingga mati sendiri karena idle turun hingga ratusan rpm. Jadi sebelum membeli Lancer CK4, pastikan dites kondisi idle-nya.
2. Toyota All New Corolla (1996 – 997)
All New Corolla bisa dibilang produk gagal karena tidak lebih sukses dibandingkan pendahulunya Great Corolla. Mobil ini hanya bertahan setahun dan kemudian digantikan New Corolla di tahun 1998.
- Toyota New Agya Hadir dengan Harga Hingga 169 Jutaan, Masih Layak Disebut LCGC?
- Toyota Raize Hadir Sebagai Pengganti Rush. Pakai Mesin Turbo 3 Silinder 98 PS!
- Bocor… Wujud Toyota Raize (Rise) yang akan Rilis pada 5 November 2019
- Walah… Toyota Supra Sudah Harus Direcall, Tapi Dari BMW!
- Toyota Astra Motor Umumkan Harga Supra di Indonesia, Tidak Sampai 2 Miliar!
- New Toyota Calya Meluncur Facelift Meluncur, Apa Bedanya dengan Calya Lawas?
- Toyota Akan Gandeng Porsche Untuk Bangkitkan Toyota MR2
- Toyota Daftarkan Paten Untuk Mobil “Bermuka Dua”, Toyota La Coupe
- Toyota Daftarkan Paten Anti Maling Dengan Semprotan Gas Air Mata
- Toyota Supra TRD Segera Hadir, Hanya Sekedar Kosmetik?
Mesinnya halus karakter DOHC yang berputar halus sampai rpm atas. Tidak seperti mesin SOHC rival yang saat rpm tinggi terasa ada sedikit getaran (seperti suara dengkuran kucing hehehe). Tenaga lumayan dan torsi juga besar, kalau tidak salah 110 hp/6000rpm dan 145 Nm/4.800rpm.

All New Corolla
Kata orang peredaman All New Corolla (ANC) juga sangat jelek, suara dari luar sangat terdengar. Kalah jauh dibandingkan dengan Ferio dan Lancer Evo 4. Suspensi Corolla menggunakan type Mc Person untuk depan dan belakang. Suspensinya terbilang lembut dan sangat mudah mengayun. Memang akan terasa sangat nyaman jika tidak ngebut, namun handling menjadi susah di saat kencang 🙂
3. Honda Civic Ferio
Model oke, hampir sama dengan Lancer yang tidak ketinggalan jaman. Tenaga dan torsinya lumayan walaupun SOHC. Mesin VTECnya benar-benar bisa diandalkan dengan 125 PS-nya. Mencari yang body mulus susahnya minta ampun. Karena biasanya udah terserang karat di list kaca khas Honda. Kenyamanan baik karena suspensinya double wishbone di keempat roda. Bantingannya juga empuk dibandingkan Civic 1.7 atau Civic 1.8 (katanya). Kehalusan mesin biasa, peredaman lumayan bagus. FC terkenal irit. Kekurangannya hampir sama dengan Lancer, ada di kaki-kaki.
- Spyshot Perdana New Honda HR-V 2021, Dimensinya Lebih Besar
- Honda Luncurkan Civic Type R Limited Edition dan Civic Type R Sport Line
- Honda Jazz/Fit 2020 Buka Selubung di Tokyo Motor Show 2019, Hadir dalam 5 Varian
- Brosur Honda Jazz/Fit 2020 Bocor, Ada Versi Crossover Juga!
- Honda Bikers Day Tahun 2019 Dimana? Ini Dia Waktu dan Tempatnya!
- AHM Borong 15 Penghargaan Contact Center, Bukti Layanan Terbaik dari Honda
- Sambut Hari Pelanggan Nasional, AHM dan Jaringannya Berikan Kejutan Spesial Bagi Pelanggan
- Ketika Honda ADV150 dan PCX Disandingkan, Gagah vs Elegan
- Honda ADV150 Resmi Dirilis, Berikut Perbandingan Spesifikasinya dengan PCX dan Vario 150
- Supermoto Street Gathering dan Buka Puasa Bersama CRF150L
Enaknya punya Ferio, masih terlihat ganteng hingga sekarang. Selain itu part modifikasi juga masih sangat banyak, hampir sama dengan Lancer Ck4.

Civic Ferio
Terus Pilih Yang Mana?
Jadi jika dilihat dari system suspensi, kestabilan Ferio ama Lancer hampir setara. Sementara Corolla sedikit di bawah Lancer dan Ferio karena suspensinya paling sederhana – Mc Person di keempat roda sehingga kemungkinan memberikan tendensi body roll yang besar. Apalagi setingan suspensinya sangat empuk. Secara teori peredaman Mc Person kurang baik karena shock ama per dipantek dibawah di bagian roda dan di atas langsung di body. Sehingga gelombang dari jalan langsung diteruskan kearah body. Selain itu gerakan roda yang tidak tegak lurus terhadap jalan menambah potensi body roll.
Dari segi sparepart Honda dan Mitsubishi sih harganya mirip-mirip, agak mahal kalau yang ori. Walaupun umurnya juga tahan lama, bisa sampai 5 tahun atau lebih. Tapi… untuk Corolla walaupun kaki-kakinya simple gitu… ada kelebihannya lho, harga sparepartnya murmerrrr berhubung suspensinya juga simple sehingga komponennya lebih sedikit. Dan ini yang penting, kebanyakan orang yang baru mempunyai mobil, biasanya ngga bisa bedain antara suspensi Torsion Beam ato Multilink ato yang lain, yang penting bisa jalan :D.
Untuk FC semuanya mirip-mirip, sekitar 1:10 s/d 1:13, tergantung kaki masing-masing. Jadi kesimpulannya, kalau mau sparepart murah, banyak kw-nya ya pilih Corolla, tapi kalau mau mengutamakan handling, dan penampilan jelas Lancer or Ferio… harga sparepart mirip-mirip.
Dan untuk saya pribadi, karena kebetulan saat itu ada tetangga yang jual Lancer, Manual, Mivec, kinclong pula…jadi ya sudah langsung diangkut hehe. Kalau anda, monggo tersrah pilih yang mana 🙂
Related Post
- Recall Masalah Airbag Terus Berlanjut, Mitsubishi Recall 3 Model Mobilnya di Indonesia
- Bos Mitsubishi : Lancer akan Reborn Dalam Wujud Crossover
- Mitsubishi Lancer Tidak Jadi Disuntik Mati?
- Mitsubishi Lancer Evolution Final Edition Terjual 1 Miliar
- OMG, Speedometer Mobil Apakah Ini?
- Hiks… Lancer Evolution Final Edition Sudah Bisa Dipesan!
- Ganti Karet Kaki-kaki Lancer CK4
- Mitsubishi Lancer Evolution X Edisi Final dan Paling Garang Siap DiLuncurkan
- Indonesian Lancer Community Regional Batam Resmi Terbentuk
- Situs Wajib Buat Pengguna Lancer CK4 aka Evo 4
nice info … makasih gan ….
Sama-sama gan…smoga berguna 🙂
makasih…..infonya
Sama-sama bri, terima kasih kunjungannya 🙂
#bro
honda dengan vtec nya memang menggoda..tapi kalo dapet lancer mivec ya jelas lancer mivec nya..1600cc dohc tenaganya ngeri..astina 1800cc dohc pun nggak setinggi itu powernya.. 🙄
Hehe…iya mas, tarikannya enteng banget, kalo disini saingan berat dengan civic sir…175hp bertebaran dijalanan 🙂
kode mesin lancernya apa ya ? ada jual mesin glondongannya aja enggak? sekarang pake cb5 mau ganti ck yg lokal 4g92 jauh banget ama cb5 4g93…mo convert klo ada mesin nya..he he….
CB5 memang jauhh dibandingkan dengan CK4 bro. Pernah pake CK4 standar non mivec lemot banget. Kalo yang mivec baru tarikannya mantab. Kode mesinnya sama 4G92. Bisa dibaca di link berikut https://4g92mivec.wordpress.com/2014/01/04/kode-plat-identifikasi-lancer/
Kalo Jakarta banyak yang sudah convert ke Mivec bro, mungkin bisa tanya2 ke forum ILC di facebook atau kaskus. Kalau di Batam jarang yang swap mesin, yang ori banyak soalnya 😀
Pingback: Lancer CK4 Mivec vs Lancer CK4 Versi KTB | 4G92 Mivec Blog
mantappppp om
saya dari batam mas, saya penguna civic SiR ek4 Engine DHOC b16b5 , dan civic ferio ek3 engine SHOC VTI d15z7 CVT, matic, untuk supsensi khusus seri ini sangat berbeda sekali , karena bawaan pabrik sudah di lengkapi sturt bar depan belakang, atau stabilizer supsension,saya sendiri pencinta mobil 97, khusus lancer dan civic, bnyk perbedaan yang saya resakan, walaupun ferio vti mesin SHOC tp tarikan pertama sangat berbeda dengan lancer. vtecnya honda terasa banget tenaganya. apalai DHOC VTEC honda lebih brutal.
Salam kena masbro…
Ikut Civic Club juga? Yang tiap malam minggu di alun-alun?
Kalo soal tarikan Civic memang saya akui mantab banget… saya coba pakai civic ferio VTI aja mantab banget di tarikan awal… 😀
Kalo Lancer Mivec menurut perasaan saya bagus di gigi 3 keatas, kalau gigi 1 & 2 agak kurang.
Untuk Civic VTi sudah ada stabilizer juga ya?
Thanks gan infonya bermanfaat bgt bagi sya yg baru kenal dunia otomotif (maklum orang kampunk hehe). Oya gan nanya dikit nih utk jenis evo 4 boros gk bbmny ? Coz ane denger2 jenis evo rata2 boros ya bener gk tuh ?
Untuk evo4 dan civic ferio hampir sama, sekitar 1:10 untuk dalam kota. Memang masih lebih irit apanjah sih… klo yang mivec sekitar 1:9
owh 1 liter smpai 10 km ya. sip deh thanks Gan ….
Oalah jd rugi aku beli accord. Ga ada yg puas kcuali beli baru
Ga rugi juga koq sebenarnya…soalnya kalau kenyamanan pasti lebih nyaman Accord daripada Civic, soalnya dah pernah naik dua-duanya dan memang Accord lebih baik dari segi kenyamanan, lapang dan kekedapan kabin 🙂
Lagian Accord dan Civic juga sudah beda kelas…
gan, tanya dong..
pasaran ck4 yg mivec berapa ya ?
kayanya di jabodetabek jarang ada mivec… saya di bogor
apa mivec udah bawaannya pake sunroof ? atau ada juga yang ngga pake ?
keren mobilnya gan, jadi pengen
Mivec dari aslinya ada sunroofnya, emang terlihat jauh lebih keren dari CK4 “lokal” 🙂
Kalo pasaran CK4 Mivec di Batam rata-rata 40 – 60 tergantung kondisi, biasanya sekitar 50an klo kondisi OK. Kalo di Jawa tidak ada/jarang karena memang tidak dijual oleh KTB. Biasanya yang pakai Mivec di Jawa adalah hasil swap engine…harganya jadi naik banget kalo dah jadi mivec di jawa, sekitar 90 – 100an 🙂
jadi bingung mending pilih mana yaa masbro…?
Tergantung mas bro tinggal dimana. Klo dikota besar tentu tidak masalah dengan kondisi jalan dan spare part. Soalnya kategori mobil tua ini jd sudah banyak perlu perawatan dan penggantian part. Klo masih berjiwa muda saran saya hanya civic ato lancer, banyak komunitas, aksesori dan performance part.
Kenyamanan dan performa mirip. Spare part klo di kota besar tidak ada masalah karena mudah di dapat. Test drive baru tentukan pilihan 🙂
keren bero informasinya, memang mitsubishi dan honda te o pe be ge te
Makasih…
salam kenal ..baru boyong ANC ..mohon bimbingan apa2 yg perlu di perhatikan..
btw..kemarin baru ganti oli mesin dan filter..pas buka oli tinggal sikit apa sebabnya.
pagi2 hidup ada asap putih dan berair apa sebabnya.tq maaf newbie banyak tanya
mas mivecnya mau dilego?,.ntar mas cari lagi yg baru,.hehe
Nah ini mas… barusan saya lego mobilnya alias dah laku. Baru buat artikelnya 😀
kalo ada pin bb nya mas utk sharing,.sy pemakai ck4 lokal dari baru hingga sekarang,.mau dong ngerasain mivec nya
utk mas tri ,. soal asap dan air yg keluar dari knalpot LUMRAH krn adanya perubahan suhu dari dingin ke panas,.nah oli yg kurang ini yg jd masalah,.kalo tidak ada kebocoran, ring piston/seal valvenya udah lemah ditandai asap putih yg tak kunjung hilang walau mesin tlah sampai pada temperatur normalnya.
thanks..buat jawabanya.
Mas.wa2n
Corolla GTi juga keren looh 140 HP, jok semi bucket, panel dash board juga sporty.. dan larinya juga boleh diadu kalu mesin sehat..
Hahaha… kalau twincam GTI apalagi GTI 20 valve jelas keren… tapi jelas bukan saingan CK4 atau genio/ferio 😀
Saingannya eterna GTI atau Dan gan DOHC atau sekalian B16-nya Honda 😀
Gan Saya di tawarin temen evo 4 plat BG (palembang) manurut agan harga 40 cukup murah gak, saya pakeknya malang-surabaya..
Denger2 sih boros, saya jadi bingung di ambil apa kagak yak 😂😅 soale saya baru di dunia otomotif n belom paham mesin 😂😭😬
Tahun berapa gan? Klo tahun 99 ato 2000 ya lumayan murah asal kondisinya OK. Klo boros gaknya tergantung kaki. Klo manual pastinya lebih irit… tapi sebenarnya 11 12lah sama corolla dan lancer
Gan, kebetulan saya lagi liat2 mobil bekas untuk kendaraan roda 4 pertama. Pilihannya antara civic / lancer, nah beberapa waktu lalu sempat liat postingan di lapak online Mivec “97 seharga 42jt namun saat cek pajaknya yang muncul di sistem adalah “Lancer 1600 SOHC GLXI”. Kesalahan pada sistem atau penjual yang salah menyebutkan spesifikasinya ?
Memang untuk Lancer Mivec selalu ditulis SOHC GLXI…biasanya karena orang pajak/dispenda kurang mengerti dengan jenis2 lancer. Karena nampak sama dengan Lancer GLXI jadi ditulis gitu saja. Hampir semua Lancer Mivec teman saya juga tertulis GLXI SOHC di STNKnya 🙂
Om Hermawan, permisi nitip jualan lancer CK4A – 4G92 Mivec 2002 …
NIh mobil masih istimewa banget
https://www.sisada.com/en/mobil/mitsubishi/lancer/lancer2001/for-sale-jual-lancer-mivec-glxi-2002-rp-43-000-000-5127.html
Ingat cuman untuk Batam saja … maaf teman dari luar Batam…
Monggo diramaikan lapak ini… 😀
Dijamin ga nyesel pake Mivec… 😀
Sudah terjual, setelah habis posting , hahaha makasih om Hermawan
Bang Herman, kalau lancer untuk daerah batam sperpart nya gampang cari gak?
Gampang kok… bahkan kalo di Batam ga ada, bisa pesan dari malaysia
mas mo nanya apa bener lancer CK 4 ada yg versi 1300 cc..kbtlan saya ditawari orang . yg saya tau kan 1600 cc
Memang ada mas, di Batam banyak banget yang versi 1300 cc. Yang jelas bukan rakitan lokal/Indonesia… tapi CBU
Pingback: Mitsubishi Lancer Tidak Jadi Disuntik Mati? | MivecBlog.com
Pingback: Tips Membeli Mobil Bekas Pertama, Mudah Kok! - Timeslib Magazine | Tempat Keren Berbagi Informasi
Pingback: Harga Mobil Honda Civic Jaman Dulu - TrendWallpaper