Mivecblog.com – Di awal kehadirannya, Yamaha TMax yang merupakan varian tertinggi dari Maxi Yamaha ini memiliki kubikasi mesin “hanya” 499 cc. Mesin DOHC 2 silinder 499 cc ini dipertahankan Yamaha dari tahun 2000 hingga 2011 dengan konfigurasi bore x stroke 66 mm x 73 mm. Pada awalnya, TMAX generasi pertama ini memiliki tenaga 29.4 kW (39.4 hp) @7.000 rpm dan torsi 45.8 Nm (33.8 lbf⋅ft) @5.500 rpm.
Kemudian di tahun 2012, Yamaha kembali mengupgrade mesinnya menjadi 530 cc dengan hadirnya TMAX dengan kode XP530. Mesin barunya memiliki bore baru dan stroke tetap sama, yaitu 68 mm x 73 mm. Tenaganya juga pasti bertambah menjadi 45.3hp (33.8kW) @6.750rpm dan torsi 52.3 Nm (38.6 lbf⋅ft) @5.250 rpm. Nah, ternyata Yamaha kembali akan menaikkan kapasitas TMAX di tahun ini menjadi 562 cc dengan kode XP560. Wuihhh…
Yups, Yamaha TMAX nantinya akan menjadi TMAX 560/562, naik 32 cc dengan bore yang berubah dan stroke tetap, menjadi 70 mm x 73 mm. Perubahan ini menjadikan tenaga TMAX naik 2 kW dari 33.8kW menjadi sekitar 35 kW (47 hp). Otomatis, TMAX nantinya juga tidak lagi tersedia untuk lisensi A2, karena lisensi A2 mensyaratkan tenaga mesin tidak lebih dari 35 kW.
Perubahan mesin ini juga dilakukan Yamaha untuk menyesuaikan dengan regulasi Euro 5. Dimana berat motor akan berubah karena adanya tambahan catalytic converter. Namun untuk detail perubahannya masih harus menuggu rilis resminya. Rumornya sih ajang EICMA Milan 2019 bulan November 2019 nanti akan menjadi debut TMAX 560.
Hubungi dan Ikuti juga Mivecblog.com di media berikut:- e-mail : hermawan.r@gmail.com
- facebook : mivecblog.com
- twitter : @hermawan_ris
- instagram : @batam_otovirtual
- WA : +6281364097225
Related Post
- Ducati Streetfighter V4 Dinobatkan Jadi Motor Paling Ganteng di EICMA 2019
- Perkenalkan, Motor Pertama Aston Martin : AMB 001 Dengan Turbocharger Bertenaga 180HP
- Yamaha TMAX 2020 Dirilis di Eropa, Resmi Gunakan Mesin 560cc
- Aston Martin Akan Membuat Motor Limited Edition, Ini Sketsanya!
- Yamaha TMAX Anyar Segera Hadir, Kapasitas Mesin Naik 32cc agar Lolos Euro 5
- Lightning Strike Tampil Perdana ke Publik di Event Pacific Coast Dream Machine
- 20 Tahun Yamaha MT-Series, Inilah Perjalanan MT-10 Concept Hingga MT-15
- Masalah Belt dan ECU, Yamaha Indonesia Recall TMAX
- Honda Australia Hadirkan Civic Type R, NSX dan CBR1000RR Edisi Spesial dengan Balutan Warna Emas
- Honda Jepang Recall 6 Motor Karena Masalah ABS, Termasuk CBR250RR!
Pingback: Yamaha TMAX 2020 Dirilis di Eropa, Resmi Gunakan Mesin 560cc | MivecBlog.com
Pingback: Yamaha TMAX 2020 Dirilis di Eropa, Resmi Gunakan Mesin 560cc | MivecBlog.com