Daihatsu Copen Segera Lahir Kembali?

Daihatsu Copen, nama yang mungkin asing bagi sebagian orang. Namun nama yang dipakai untuk salah mobil Daihatsu di kategory kei car bergenre Roadster di Jepang ini sebenarnya sudah cukup lama hadir. Terhitung sejak tahun 1999, Daihatsu Copen resmi diperkenalkan ke publik dalam perhelatan Tokyo Motor Show. Namun di tahun 2012, Daihatsu mengumumkan produksi terakhirnya dengan Copen Edisi Special Anniversary ke 10. Di Indonesia, dalam acara IIMS 2012 lalu, Daihatsu Copen Concept juga diperkenalkan dan sangat menarik perhatian waktu itu.

Daihatsu Copen

Daihatsu Copen 2002

Salah satu alasannya adalah kemampuan mobil ini untuk bisa digonta-ganti casingnya bodynya layaknya sebuah handphone 😀 . Ini jualan hape atau mobil :mrgreen:

Daihatsu Copen di IIMS 2012

Daihatsu Copen di IIMS 2012

Daihatsu Copen Concept - TMS 2013

Daihatsu Copen Concept – TMS 2013

Daihatsu Copen Concept - TMS 2013

Daihatsu Copen Concept – TMS 2013

Daihatsu Copen Concept - TMS 2013

Daihatsu Copen Concept – Bongkar Pasang “Casing”

Daihatsu Copen Concept - Bongkar Pasang "Casing"

Daihatsu Copen Concept – Bongkar Pasang “Casing”

Untuk versi produksinya, ternyata sudah beredar bocoran brosur untuk mobil ini, walaupun masih dalam Bahasa Jepang. Foto-foto brosur di bawah mengungkapkan Daihatsu Copen dengan jenis convertible kei roadster hampir dari segala sudut. Kalau dilihat benar-benar, bentuknya sangat mirip dengan versi konsep. Dan seperti yang saya tulis di atas, Copen akan mengusung sekitar 11 panel yang bisa diganti-ganti yang akan ditawarkan dalam desain yang berbeda dengan mobil itu sendiri. Hal yang sama juga berlaku untuk interiornya. Wah mantab, bisa gonta ganti casing… 😀

Brosur Daihatsu Copen 2015

Brosur Daihatsu Copen 2015

Brosur Daihatsu Copen 2015

Brosur Daihatsu Copen 2015

Brosur Daihatsu Copen 2015

Brosur Daihatsu Copen 2015

Mesin yang diusung masih sama, DOHC 660 cc, 3 cylinder turbo dengan tenaga maksimal 64 Hp dan torsi 92 Nm, lumayan mengingat bobotnya yang hanya sekitar 870 Kg, apalagi hanya double seater. Tersedia dalam transmisi manual 5 speed dan juga CVT 7 speed. Dan untuk atapnya bisa dibuka sepenuhnya hanya dalam waktu 20 detik, semuanya dengan sistem elektrik.

Terus apakah akan masuk ke Indonesia? Ok, jika mobil ini masuk ke Indonesia, secara mesin tentu saja bisa masuk kategori LCGC. Namun kalau melihat desain dan juga tambahan turbo, secara harga dipastikan akan jauh lebih tinggi dari 100 juta rupiah, mungkin malah bisa tembus 300 juta. Jadi pastinya akan susah untuk masuk di kelas LCGC, walaupun sudah di downgrade habis-habisan.

Yah, semoga saja bisa masuk di Indonesia, walaupun bukan sebagai LCGC, bisa jadi city car alternatif soalnya 😀

17 comments on “Daihatsu Copen Segera Lahir Kembali?

  1. Pingback: Daihatsu Copen Terbaru Resmi Diperkenalkan | 4G92 Mivec Blog

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.