Motor ini telah resmi dilauching Capella Honda di Kepri Mall tanggal 25 Maret 2018 lalu. Beruntung saya bisa mencicipi matik premium ini lebih dulu. Dan bukan hanya melihat dan ambil foto, tapi juga tes ride putar-putar Kepri Mall yang parkirannya lumayan luas. Baca juga: Resmi Mengaspal di Batam, All New Honda PCX Langsung Jadi Rebutan
Melihat harga dan desainnya yang ciamik, tak heran kalau motor ini laris manis. Di Batam saja, motor ini sudah inden panjang, hingga lebih dari 100 unit konsumen yang harus inden. Nah, mau tahu seperti apa impresi saya dan bagimana rasanya naik motor skutik premium ini? Siapin dulu camilannya ya…
First Impression
Melihat motor ini dipajang di atrium Kepri Mall, saya langsung jatuh cinta pada motor ini. Sayang dompet belum bisa diajak kerja sama buat bawa pulang si PCX ini
Terutama kalau motor ini dilihat dari belakang, ouchhh so sexy dengan bentuk X di lampu belakangnya. Elegan banget… apalagi stang All New PCX ini masih mempertahankan setang telanjang, makin membuat kesan premium di motor ini.
Ban motor ini kini hadir dengan lebih gambot dibandingkan dengan PCX CBU. Jelas selain membuat tampilan lebih gagah dan mewah, handling motor juga akan lebih enak. Nanti kita coba buktikan saat test ride.
Secara keseluruhan, desain motor ini memang ajib banget dari depan hingga belakang, mengalir dengan lekuk-lekuh indah nan mewah. Lampu depan yang sipit tapi memanjang naik ke atas membuat kesan mewah lebih terpancar dari motor ini. Lihat saja waktu headlamp motor ini menyala… byuh kereeenn! Pohon duit mana? 😀
Yuk, sekarang kita coba motor ini di luar… apakah benar motor ini nyaman dikendarai?
Ergonomi
Yang namanya motor skutik itu salah satu syarat utamanya adalah nyaman dikendarai. Kalau tidak nyaman, apa bedanya dengan naik motor sport yang pastinya lebih bikin pegel? Dan All New PCX memberikan ergonomi sebuah motor matik itu. Joknya juga enak, tidak keras dan garis jahitannya menbuatnya main terlihat mewah.
Walaupun body-nya bongsor, namun motor ini terasa ringan banget. Saya coba tarik standar tengahnya, dan eittsss… ringan banget, jauh lebih ringan dari motor matik di rumah. Dengan tinggi 170 cm, kaki saya menapak tanah dengan cukup sempurna, hal ini karena ditunjang dengan jok yang pas dan tidak terlalu lebar. Apalagi stang telanjangnya lumayan tinggi, jadi terasa pas saja bagi saya.
Handling
Saya yang terbiasa menggunakan matik bongsor 150cc cukup kaget juga dengan handling motor ini. Benar-benar ringan dan enak dipakai meliuk-liuk mengikuti cone yang disiapkan, terasa nurut saja. Namun karena memang tempatnya agak terbatas jadi belum bisa saya simpulkan bagaimana handlingnya di kecepatan tinggi. Semoga ada kesempatan nanti untuk menggali lebih jauh.
Tapi saya yakin, handling All New PCX benar-benar tidak mengecewakan. Two thumbs up…
Kenyamanan
Nah ini yang saya cari. Kalau bagi saya, naik motor matik apalagi matik gambot premium seperti All New PCX ini jelas kenyamanannya yang saya cari. Jikapun kebetulan handling dan performanya ok, itulah bonusnya.
All New PCX tidak seperti motor matik saya yang lumayan kurang nyaman di suspensinya. All New PCX menawarkan suspensi yang empuk, apalagi suspensi depan. Sementara suspensi belakang juga lebih nyaman walaupun dipakai di jalanan keriting. Bagaimana jika dipakai berboncengan?
Ketika saya membonceng kang Irfan thegreenblog yang lumayan sehat badannya (saya nggak bilang gemuk lho ya), shock belakang tidak ambles. Dipakai meliuk-liuk melewati cone serta “ngebut” 60 km/jam juga masih nyaman. Sementara ketika saya berada di jok belakang sebagai pembonceng, pertama yang saya rasakan adalah lebar jok yang pas alias tidak terlalu ngangkang. Beda dengan motor matik saya di rumah yang agak ngangkang. Pas buat ibu hamil juga nih hehe…
Performa Mesin
All New PCX dibekali mesin 4-tak 150 cc SOHC liquid cooled yang mampu mengeluarkan tenaga 14,5 hp dan torsi 13,2 Nm. Di atas kertas angka ini tidak se-wah matik tetangga. Namun ketika saya coba ‘tarik’ gasnya dalam-dalam, motor ini tetap ngacir. Memang tidak sengacir tetangga sebelah, tapi performanya cukup bisa diandalkan. Dan ternyata, setelah dicoba beberapa kali, motor ini akan lebih responsif jika tarikan gasnya tidak gaspol, tetapi ditarik secukupnya saja. Tapi ya itu tadi, keterbatasan area membuat saya hanya bisa gaspol hingga sekitar 60 km/jam saja…
Bagaimana dengan performa rem ABS-nya?
Ya, saya mencoba All New PCX ABS, karena memang yang paling laris di Kepri adalah yang tipe ABS. All New PCX juga dilengkapi dengan rem cakram depan dan belakang. Jadi, soal pengereman ga usah ditanya deh. Pakem bener dari sekitar 60 km/jam hingga berhenti. Dan yang pasti, saya coba rem depan saja pun, cakramnya tidak ngunci… jelas karena sistem ABS-nya bekerja dengan sangat baik.
So, kesimpulannya gimana?
Walaupun hanya terbatas waktu dan treknya, saya sudah mendapatkan gambaran bagaimana motor ini sebenarnya. Desainnya yang mewah dengan body gambot, tidak menghalangi motor ini untuk tampil responsif dengan handling yang mantab dan nyaman dikendarai.
Pros:
- Desain mewah banget
- Fitur paling lengkap di kelasnya, speedometer lengkap, smart key, all LED lamp, dll
- Bobot berat tapi ringan, terutama ketika pakai standar tengah
- Jok pas dan tidak terlalu lebar
- Suspensi nyaman, lebih nyaman dari tetangga (terutama pre-facelift)
- Rem pakem
- Handling mantab, enak buat meliuk-liuk
- Konsumsi BBM (harusnya) irit… nanti semoga bisa dites konsumsi BBMnya
Cons:
- Performa mesin mesti ditingkatkan lagi, walaupun jelas bagi saya tidak masalah karena saya mencari kenyamanan
- Rem ABS lebih baik diupgrade ke dual channel, biar sekalian ga nanggung dan tentunya lebih aman tanpa ngepot
- Apalagi ya… belum nemu 😀
Related Post
- Spyshot Perdana New Honda HR-V 2021, Dimensinya Lebih Besar
- Honda Luncurkan Civic Type R Limited Edition dan Civic Type R Sport Line
- Honda Jazz/Fit 2020 Buka Selubung di Tokyo Motor Show 2019, Hadir dalam 5 Varian
- Brosur Honda Jazz/Fit 2020 Bocor, Ada Versi Crossover Juga!
- Honda Bikers Day Tahun 2019 Dimana? Ini Dia Waktu dan Tempatnya!
- AHM Borong 15 Penghargaan Contact Center, Bukti Layanan Terbaik dari Honda
- Sambut Hari Pelanggan Nasional, AHM dan Jaringannya Berikan Kejutan Spesial Bagi Pelanggan
- Ketika Honda ADV150 dan PCX Disandingkan, Gagah vs Elegan
- Honda ADV150 Resmi Dirilis, Berikut Perbandingan Spesifikasinya dengan PCX dan Vario 150
- Supermoto Street Gathering dan Buka Puasa Bersama CRF150L
Pingback: Gathering Nasional Honda PCX Club Indonesia 2018, Para Pecinta Honda PCX Kumpul Bareng di Baturaden | MivecBlog.com
Pingback: City Rolling Bersama All New PCX, Konsumsi BBMnya Tembus 51 km/liter! | MivecBlog.com
Pingback: Ini Hasil Pengujian Honda PCX Listrik Dalam Sekali Charging | MivecBlog.com