Intermezzo : Bunga Sakura-nya Indonesia

Bunga Sakura, semua orang tahu (kalau ngga tau yo kebangetan 🙂 ) kalau bunga ini “hanya” ada di Jepang. Dan walaupun ada yang bisa tumbuh di luar Jepang, namun hanya di Jepanglah bunga ini hidup dengan sangat subur dan menjadi salah satu obyek foto yang paling banyak dicari.

Yang ini Sakura asli :)

Yang ini Sakura asli 🙂

Namun ternyata di Batam juga terdapat banyak sekali “Bunga Sakura”, khususnya di kawasan tempat kerja saya di daerah Batamindo. Di sepanjang jalan kawasan industri terbesar di Batam ini memang ditanami pohon perindang yang jika berbunga akan nampak seperti bunga Sakura. Setelah browsing kesana dan kesini, ternyata nama bunga ini adalah Tabebuya, atau ada juga yang menyebutnya bunga Bungur. Entah yang mana yang benar hehe… BTW, sama-sama aneh namanya :mrgreen:

Tabebuya di sepanjang jalan

Tabebuya di sepanjang jalan

Sakura KW :)

Sakura KW 🙂

Sakura KW :)

Sakura KW Batam 🙂

Tanaman tabebuya berasal dari Brasil dengan nama latin tabebuia chrysotricha, jenis pohonnya besar, dan seringkali orang kebanyakan menyebutnya sebagai tanaman bunga Sakura, karena memang tanaman ini kalau sedang berbunga akan tampak seperti bunga Sakura.

Sebenarnya tidak hanya di Batam, namun di kota-kota di Jawa sudah mulai banyak ditanami pohon ini di sepanjang jalan utama, seperti di Surabaya, Malang, dll.

Tabebuya - Sakura Indonesia

Keren oei…

Tabebuya - Sakura Indonesia

Lumayanlah, ngga perlu ke Jepang kalau mau berfoto-foto di bawah pohon Sakura. Tiap hari selalu ramai orang-orang berfoto di bawah pohon ini, mulai dari pekerja PT, sopir taksi hingga tukang ojek 😀

Tabebuya - Sakura Indonesia

Eksis dulu….

Note : Foto sebagian saya comot dari temen-temen facebook dan juga instagram, makasih dan maaf ya fotonya saya ambil 🙂

 

Related Post

36 comments on “Intermezzo : Bunga Sakura-nya Indonesia

  1. Pingback: Entah Apa Yang Ada di Pikiran Biker Ini? | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.