PT. Capella Dinamik Nusantara (CDN) menggelar bedah teknologi Honda bersama rekan-rekan jurnalis, blogger dan vlogger. Event ini diselenggarakan hari Minggu kemarin, 26 November 2017 di MyGarden Cafe Batam, tempat yang cozy banget untuk hang out dan ngopi santai di sore hari.
Suasana yang santai ala taman-taman di Eropa sangat pas dengan agenda kali ini yang juga dikemas dengan sangat santai. Setelah ngobrol dan ngopi di sore hari, acara workshop bedah teknologi yang dikhususkan pada Honda CRF150L dimulai setelah magrib. Pembahasan materi mengenai seluk-beluk CRF150L dikupas disini mulai dari desain, segmen pasar, spesifikasi, keunggulan, perbandingan dengan kompetitor hingga harga dan DP hehe…
Sebelum masuk ke segmentasi Honda CRF150L, kita bahas dulu bagaimana sih segmentasi di motor trail itu?
Pada dasarnya Trail Bike atau motor trail dibagi menjadi 2 segmen, yaitu Legal dan Non Legal.
- Non Legal dibagi lagi menjadi 2 kategori, yaitu Motocross dan Enduro. Trail bike untuk non legal biasanya tidak lengkap partnya seperti tidak adanya spion, stoplamp dan headlamp. Kedua type motor ini biasanya menggunakan special engine dan special frame untuk kompetisi.
- Legal juga dibagi menjadi 2, yaitu Dual Sport dan Supermoto. Kedua type motor ini menggunakan semua kelengkapan untuk dipakai di jalan umum, seperti spion, lampu, klakson dan spedometer. Dual sport menggunakan ban offroad atau ban tahu dan ukuran velg 16 – 19 atau 18 – 21 sementara Supermoto menggunakan ban biasa.
Jadi untuk CRF150L di Indonesia merupakan motor dual purpose dimana L di belakang berarti LEGAL. Otomatis semua kelengkapan berkendara ada, mulai dari dudukan plat nomor, spion hingga lampu-lampu. CRF150L menjadi motor adventure entry level di bawah CRF250 Rally dan CRF1000L Twin Africa.
Ok, balik lagi ke bedah teknologi CRF150L. Menurut Pak Johandi dan Pak Puji yang memandu acara bedah teknologi ini, Honda CRF150L didesain dengan persiapan yang sangat matang. Perlu waktu sekitar 7 tahun bagi Honda untuk bisa meng-grab semua keinginan konsumen yang kemudian diwujudkan dalam satu wujud motor dual purpose ini. Yang jelas, motor ini di desain dengan menyesuaikan kondisi dan postur biker di Indonesia.
Apa yang paling menarik?
Tentu saja mengenai mesin Honda CRF150L dimana banyak yang mengira bahwa motor ini menggunakan mesin milik Honda Verza. Benarkah?
Salah besar! Honda CRF150L memang sama-sama menggunakan mesin SOHC 150cc yang terlihat mirip dengan mesin Honda Verza. Tetapi jeroan di dalamnya sangat berbeda, mulai dari cylinder head, camshaft, hingga piston dan masih banyak lagi yang lainnya. Ya piston CRF150L diberikan treatment khusus agar memiliki durabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan Verza maupun Megapro. Jelas saja, lha wong kerjanya juga dipastikan lebih berat kan?
Bagaimana jika dibandingkan dengan Kompetitor?
Seperti tulisan di atas, CRF150L dipersiapkan selama kurang lebih 7 tahun sebelum dilaunching. Tentunya semua kebutuhan konsumen harus terakomodir dan kekurangan-kekurangan dari kompetitor harus mendapatkan solusi disini. Pastinya CRF150L memiliki fitur komplit, mulai dari shock depan upside down, spidometer digital, rem cakram wavy depan belakang, suspensi belakang pro link dengan 9 level setingan, steering handle yang adjustable, rear fender yang plug & play hingga back print stripe yang membuat stripping CRF150L terlihat menyatu dengan cat.
Jadi, walaupun motor ini belum launching di Batam, namun detail motor ini dari fitur hingga jeroannya sudah dipublish ke publik. Mau tahu kapan launchingnya di Batam, stay tune di blog ini. Untuk harga yang jelas sudah pernah saya publish ya, hanya 32,5 juta rupiah OTR Batam. Baca juga : Ini Harga Honda CRF150L Batam, Lebih Murah 4 Jutaan dari KLX150
Udah ya… mau barbeque-an dulu nih… laper… 😀
Related Post
- Honda Bikers Day Tahun 2019 Dimana? Ini Dia Waktu dan Tempatnya!
- Sambut Hari Pelanggan Nasional, AHM dan Jaringannya Berikan Kejutan Spesial Bagi Pelanggan
- Supermoto Street Gathering dan Buka Puasa Bersama CRF150L
- Grup Customer Gathering dan Buka Bersama Bareng Capella Honda
- Ngabuburide dan Nobar Seru GP Le Mans Ala One Heart Community Batam
- Makin Macho Bersama Honda di Festival Motor Laki Batam
- Capella Honda Gelar Honda Modif Contest 2019 di Pekanbaru
- Capella Honda Gelar Kontes Layanan Honda 2019 Regional Riau, Siapa Pemenangnya?
- Semangat Tahun Baru, Capella Honda Riau Adakan Gathering Frontline People
- Awal Tahun 2019, Safety Riding Goes to School Sambangi 2 Sekolah Ini di Batam
- Yamaha TMAX 2020 Dirilis di Eropa, Resmi Gunakan Mesin 560cc
- Kawasaki Juga Luncurkan Z H2 Di TMS 2019, Motor Naked Paling Ganas dengan Supercharger!
- Kawasaki ZX-25R Resmi hadir di Tokyo Motor Show 2019, Fix 4 Silinder!
- Yamaha MT-25 Facelift Dirilis, Wajah Lebih Agresif Layaknya Keluarga MT Series!
- Yamaha TMAX Anyar Segera Hadir, Kapasitas Mesin Naik 32cc agar Lolos Euro 5
- Suzuki Nex II Cross Meluncur, Tanggung Banget Cuma Ganti Stripping dan Ban Dual Purpose
- Meriah, Honda Kepri Luncurkan Honda ADV150 dan Honda Genio di Panbil Mall
- Motor Sport Retro Yamaha XSR155 Dirilis Hari Ini, Mau?
- Makin Keren, Honda Rilis Warna Baru untuk CRF250 Rally dan PCX
- Motor Adventure Dual Purpose Suzuki DR150 Resmi Dirilis, Tapi Bukan di Indonesia
Keren bangey deh ini motor..
Tp blm ada cita cita naik motor tril om hehehe
Klo saya malah pengen banget punya 1 yg ginian… buat weekend asyik sptnya 😅
Pingback: Capella Honda Serahkan 7 Unit Perdana CRF150L ke Konsumen, Akhirnya Ngaspal juga di Batam | MivecBlog.com
Pingback: Meluncur di Batam dengan Banderol 32 Jutaan, Honda CRF150L Laris Manis | MivecBlog.com
speknya sdh top banget…tapi lebih jooos lagi klo crf 150 L pakai DOHC.pasti lebih mantab…sukses sll ya…honda one heart…