Setelah minggu lalu Yamaha memperkenalkan Yamaha Aerox 155 VVA kepada komunitas dan klub Yamaha di Batam dalam acara Gathering Klub Motor Yamaha Bersama Alfa Scorpii, kemarin dilanjutkan dengan sesi test ride yang dilakukan di Sirkuit Marina Batam. Saya dan teman-teman Keprimotoblog beruntung bisa mencicipi Aerox 155 pertama kalinya di Batam, di sirkuit lagi hehe 😀
Acara dimulai sekitar jam 13.30 dengan speech dari Pak Oksni Lee selaku Area Marketing Development (AMD) Kepulauan Riau kemudian dilanjutkan dengan sesi presentasi oleh Pak Kenedi Wahyudi mengenai Yamaha Aerox 155 VVA, mulai dari spesifikasi, fitur, dan juga keunggulannya dibandingkan dengan kompetitor. Ternyata banyak yang tidak saya ketahui tentang isi Aerox 155 ini
Para peserta test ride yang terdiri dari anggota komunitas dan klub Yamaha serta komunitas dan klub Honda tampaknya cukup antusias dengan sesi pengenalan Aerox ini. Buktinya dalam sesi tanya jawab dan quiz, mereka berlomba-lomba untuk bertanya dan berebut untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Apalagi hadiahnya lumayan, ada kaos, topi dan helm full face juga lho… Nih Mbak Dara (yang juga tetangga saya) pinter jawabnya, bisa dapat helm full face 🙂
Sekitar jam 15.30 sesi test ride dimulai. Kami diberikan kesempatan pertama untuk mencoba sensasi VVA di sirkuit ini. Sirkuit Marina memang sirkuit kecil, tidak seperti sirkuit Sentul atau Sepang hahaha… Sirkuit Marina ini lebih sering dipakai untuk acara drifting dan gokart, jadi lebih banyak tikungan-tikungan tajam dan hanya menyisakan satu straight sekitar 200an meter
Dengan keterbatasan Sirkuit Marina ini, otomatis saya tidak bisa mencoba kencang ataupun top speed, jadi saya hanya mencoba handling dan tarikan/akselerasi mesin 155 cc VVA ini. Lagian sesi test ride ini kan bukan ajang balapan hehe…
- Menembus Hujan Deras, Lomba Irit Mio S di Batam Tembus 66,4 km/liter!
- Ready Stock, Ini Harga New Yamaha MX-King di Batam
- Ini Dia Harga dan Cicilan Yamaha MT-15 Batam, Cuma 35 Jutaan Bro!
- Yamaha MT-15 Sudah Mejeng di Dealer Jateng – Jatim, Harga 36 Jutaan. Batam Kapan?
- Ini Dia Harga Yamaha FreeGo di Batam, Mulai 18,9 Juta Rupiah!
- CustoMAXI 2018 Segera Hadir di Batam, Yuk Ikutan!
- Yamaha Mio S 125 Blue Core Sudah Hadir di Batam, Harganya Berapa?
- Konsumen Booking Online All New R15 VVA, Jajal Motor 19,3 PS ini di Sirkuit Sentul
- Test Ride Yamaha Aerox 155 VVA di Sirkuit Marina Batam, Bikin Ketagihan!
- Numpuk di Gudang, Yamaha All New R15 Sudah Siap Didistribusikan
HANDLING
Dibandingkan dengan NMAX yang memiliki mesin sama dan sama-sama memiliki 2 shock, handlingnya sangat berbeda. Posisi kaki dan tangan yang seperti halnya motor metik dan shock yang lebih lembut membuat feel di tikungan juga sangat berbeda. Karena saya jarang sekali pakai metik selain NMAX jadi agak kagok pada awalnya, terutama saat di tikungan… amatir banget yak 😀 😀
Namun, Aerox 155 memiliki kelebihan dibandingkan dengan NMAX, yaitu profil bannya yang lebih lebar. Ban depan 110/80 dan ban belakang 140/70 membuat Aerox 155 tetap mantab ketika menikung ala Rossi, sampai banyak yang gesrot pula… Ban lebar ini sangat-sangat membantu di tikungan karena suspensi belakang yang agak lembut. Overall, motor ini enak buat nikung, bukan nikung cewek lho ya… 😀
AKSELERASI
Saya tidak memakai alat-alat khusus untuk mengukur akselerasinya, murni hanya feeling saja. Yups, tidak bisa dijadikan ukuran apalagi patokan, tapi setidaknya bisa memberikan gambaran bagaimana akselerasi motor ini. Dengan mesin yang sama dengan NMAX, power yang diberikan Aerox 155 sedikit lebih rendah (11 kW vs 11,1 kW). Namun karena berat Aerox jauh lebih ringan dibandingkan dengan NMAX (118 vs 127 kg), otomatis Aerox 155 memiliki keunggulan di akselerasi. Enteng, smooth tapi wuzzz… bikin pengen lagi dan lagi 😀
Terasa tarikannya beda dengan NMax, lebih nendang di awal walaupun tidak terlalu banyak perbedaan, lha wong speknya 11 – 12 kok. Yang jelas Aerox jauh lebih sporty dan racy dibandingkan dengan Nmax. Jadi memang beda kelas dan sulit untuk saling caplok.
Itulah sedikit gambaran mengenai Aerox 155 ketika dipakai di mini sirkuit, tarikan ajib dan handling juga mantab dengan ban super lebar untuk motor metik. Apalagi secara tampilan juga paling manteb di kelasnya, tul? 🙂
Related Post
- Yamaha TMAX 2020 Dirilis di Eropa, Resmi Gunakan Mesin 560cc
- Yamaha Sukses Borong 11 Penghargaan Dalam Motor Plus Award 2019, Motor Apa Saja?
- Yamaha MT-25 Facelift Dirilis, Wajah Lebih Agresif Layaknya Keluarga MT Series!
- Yamaha TMAX Anyar Segera Hadir, Kapasitas Mesin Naik 32cc agar Lolos Euro 5
- Motor Sport Retro Yamaha XSR155 Dirilis Hari Ini, Mau?
- Spyshot New NMax Sedang Tes Jalan, Mirip dengan Foto Paten
- Bocoran Produk Yamaha Yang Akan Rilis Di Semester 2 Tahun 2019, Ada New NMax!
- Mudik dengan Motor? Temukan 4 Pos Jaga dan 46 Bengkel Jaga Yamaha Di Sini!
- MAXI Yamaha Day Hadir di Stadion Pakansari Bogor Akhir Pekan Ini!
- Paten Yamaha NMax 2020 Bocor, Dipermak Full Color Jadi Keren Berasa XMax Banget!
Wih di jamin bungkus 1 ni.. https://lintangcruisers.wordpress.com/2017/04/16/data-gaikindo-maret-2017segment-mpv-tetap-di-kuasai-toyota
Bungkus asepnya ajalah 😅😅
waakakak polisi udara.. eh polusih
Mau gabung communitas aerox di batam gan
Mantab jawa..ehh mantab jiwa
Masih newbie om… 😀
Newbie kawakan😂😂😂
sirkuit marina tuh cuma 900m tapi sirkuitnya cocok lah buat tes ride motor tikungan panjang ada chicane ada juga tikungan yg sempit dan butuh rem lumayan kuat ada juga terus ada lurus yg gak panjang tapi cukup buat akselerasi ini motor dan handling motor memang feeling saya positiflah langsung click gitu kayak mx di rumah overall nilai 8.9 deh karena belum ngetes topspeednya
sirkuit marina tuh cuma 900m tapi sirkuitnya cocok lah buat tes ride motor tikungan panjang ada chicane ada juga tikungan yg sempit dan butuh rem lumayan kuat ada juga terus ada lurus yg gak panjang tapi cukup buat akselerasi ini motor dan handling motor memang feeling saya positiflah langsung click gitu kayak mx di rumah overall nilai 8.9 deh karena belum ngetes topspeednya
Dah coba jg ya aerox?
Awallnya nyesel keburu ambil NMAX. Pas servis NMAX ada unit Aerox 155 dipajang. Coba naik dan ternyata sempit ya ruang kakinya, terutama dengkul kiri saya mentok box laci. Nggak jadi nyesel, hehehe…
Setuju bgt klo yg itu. Aerox masih mirip mio cs untuk urusan space kaki, sempit. Saya juga mentok kemarin pas tes.. tp enak di handling sih, selain empuk… bannya jg besar jd lebih nyaman aja.
Tapi kayaknya bodinya kelihatan kuat Aerox ya mas? Boso jowone pengkuh… Sambungan antar bagian boi itu rapi banget…
Kalau dilihat sih iya mas, karena lebih padet jadi terlihat kuat dan rapi. Tapi mungkin sama saja ya… 😀
Pingback: Beli matik 150cc Vario, PCX, NMAX atau Aerox? | Mengupas soal motor
Pingback: Inilah Mesin Motor Terbaik di Indonesia tahun 2018 | MivecBlog.com