Team otomotifnet telah mengetest motor baru Suzuki, GSX-R150 di atas mesin dyno milik Sportisi Motorsport di Rawamangun, Jakarta Timur. Hasil yang didapatkan memang “sebanding” dengan klaim Suzuki dimana power Suzuki ini diklaim sebagai yang terbesar di kelasnya untuk saat ini.
GSX-R150 dites di atas dyno sebanyak 10 kali run. Hasil terbaik yang diperoleh adalah 15,82 hp di 10.000 rpm dan torsi 12,04 Nm di 8.800 rpm. Dari grafik hasil dyno tes, terlihat bahwa tenaga naik cukup linier dari putaran bawah, sedang torsi baru masih melandai di awal dan baru menanjak di 6.000 rpm. Sementara di putaran atas sekitar 10.000 rpm ke atas, grafik tenaga tetap rata hingga mencapai sekitar 12.500 rpm, cocok dengan karakter mesin overbore. Mantab!
Hasil ini sangatlah berbeda dengan klaim pabrikan yang tenaga dan torsinya mencapai 18,9 hp/10.500 rpm dan 14 Nm/9.000 rpm. Tentu saja beda, lha wong Suzuki mengukur power dan torsi langsung pada mesin sementara kalau di atas dyno kan diukur pada roda belakangnya sehingga ada power dan torsi yang loss akibat slip dan faktor lainnya di transmisi dan roda.
- Yamaha TMAX 2020 Dirilis di Eropa, Resmi Gunakan Mesin 560cc
- Yamaha Sukses Borong 11 Penghargaan Dalam Motor Plus Award 2019, Motor Apa Saja?
- Yamaha MT-25 Facelift Dirilis, Wajah Lebih Agresif Layaknya Keluarga MT Series!
- Yamaha TMAX Anyar Segera Hadir, Kapasitas Mesin Naik 32cc agar Lolos Euro 5
- Motor Sport Retro Yamaha XSR155 Dirilis Hari Ini, Mau?
- Spyshot New NMax Sedang Tes Jalan, Mirip dengan Foto Paten
- Bocoran Produk Yamaha Yang Akan Rilis Di Semester 2 Tahun 2019, Ada New NMax!
- Mudik dengan Motor? Temukan 4 Pos Jaga dan 46 Bengkel Jaga Yamaha Di Sini!
- MAXI Yamaha Day Hadir di Stadion Pakansari Bogor Akhir Pekan Ini!
- Paten Yamaha NMax 2020 Bocor, Dipermak Full Color Jadi Keren Berasa XMax Banget!
Nah, sekarang bagaimana kalau kita bandingkan dengan 2 kompetitornya, All New Honda CBR150R dan Yamaha R15, yang versi sekarang ya, bukan yang versi VVA 🙂 . Monggo disimak 2 grafik berikut.
- Spyshot Perdana New Honda HR-V 2021, Dimensinya Lebih Besar
- Honda Luncurkan Civic Type R Limited Edition dan Civic Type R Sport Line
- Honda Jazz/Fit 2020 Buka Selubung di Tokyo Motor Show 2019, Hadir dalam 5 Varian
- Brosur Honda Jazz/Fit 2020 Bocor, Ada Versi Crossover Juga!
- Honda Bikers Day Tahun 2019 Dimana? Ini Dia Waktu dan Tempatnya!
- AHM Borong 15 Penghargaan Contact Center, Bukti Layanan Terbaik dari Honda
- Sambut Hari Pelanggan Nasional, AHM dan Jaringannya Berikan Kejutan Spesial Bagi Pelanggan
- Ketika Honda ADV150 dan PCX Disandingkan, Gagah vs Elegan
- Honda ADV150 Resmi Dirilis, Berikut Perbandingan Spesifikasinya dengan PCX dan Vario 150
- Supermoto Street Gathering dan Buka Puasa Bersama CRF150L
Dari 3 grafik dyno di atas terlihat jelas bahwa GSX-R150 sangat superior di RPM atas, dimana ketika di atas 9.000 rpm CBR150R sudah mulai menurun tenaganya dan mentok limiter sebelum 11.000 rpm. Bahkan untuk R15, tenaganya langsung drop ketika rpm mencapai angka 10.000. Benar-benar menjanjikan bukan di GSX ini? Untuk lebih mudah membacanya, silakan lihat tabel perbandingan power dan torsi dari ketiga motor ini di bawah.
Kalau begini, tinggal tunggu All New R15 naik ke atas dyno nih 😀 😀
Related Post
- Suzuki XL7 Sapa Warga Batam, Sudah Murah Banyak Promonya Lagi!
- Suzuki XL7 Akan Rilis di Batam 21 Februari 2020, Bocoran Harganya Mulai 213 Juta Plus Diskon Lagi!
- Suzuki XL7 Mengaspal Di Indonesia, Paling Murah di Kelasnya!
- Suzuki Nex II Cross Meluncur, Tanggung Banget Cuma Ganti Stripping dan Ban Dual Purpose
- Akhirnya Suzuki XL6, Ertiga Versi Crossover Meluncur. Cuma 194 Jutaan!
- Spyshot Suzuki XL6, Inilah SUV Suzuki dengan Basis All New Ertiga
- Segera Diluncurkan, Berikut Harga Bocoran Suzuki Jimny. Cuma 300 Jutaan!
- Motor Adventure Dual Purpose Suzuki DR150 Resmi Dirilis, Tapi Bukan di Indonesia
- Suzuki Rilis All New Ertiga Sport dengan Beragam Fitur Baru, Harga Naik 11,5 Juta Rupiah
- Muncul NJKB Motor Baru Suzuki di Situs Samsat, Suzuki Segera “Masukkan” V-Strom 250 dan DR150