Secara umum, pimpinan klasemen penjualan motor jelas masih dipegang oleh Honda dan baru diikuti oleh Yamaha. Namun tampaknya Honda hanya berkuasa di penjualan motor metik saja. Buktinya, dari bulan ke bulan, hanya motor metik Honda yang terus berada di deretan teratas penjualan motor. Sedangkan untuk pasar motor sport, Honda harus mengakui keunggulan Yamaha. Bahkan sangat telak!
Di pasar motor sport, sepanjang tahun 2014 ini Honda bertekuk lutut terhadap Yamaha. Di bulan Oktober kemarin, penjualan motor sport Yamaha jauh melebih penjualan motor sport Honda. Total penjualan motor sport Honda “hanya” 27.829 unit, sedangkan Yamaha mencapai 51.735 unit. Hampir 2 kali lipatnya.
Kita bisa lihat tabel di bawah. Bahkan untuk mengalahkan Yamaha V-Ixion saja, Honda seakan tidak mampu. Total penjualan Yamaha V-Ixion masih mengungguli total penjualan motor sport Honda di bulan lalu. Ediyaannn… kurang apa sih motor sport Honda itu?
Di segmen motor sport, Honda hanya berjaya di kelas entry level dimana Verza berada. Yups, penjualan Verza bahkan menjadi penjualan terbanyak kedua setelah CB150SF. Disamping tiada lawan di kelas ini, Verza juga lebih merakyat, desain gagah yang mirip dengan CBSF dan harga yang terjangkau menjadi salah satu daya tarik untuk meminang Verza.
So, PR besar bagi Honda di segmen motor sport ini. Next CBSF dengan major change, next Tiger dan next CBR twin cylinder mungkin bisa menjadi senjata ampuh untuk menghadapi Yamaha.