Mobil LCGC Buat Mudik? Bisaaa….

Mudik memang kejadian luar biasa yang terjadi di negeri ini. Setelah kerja keras di kota besar dan kembali pulang ke kampung halaman masing-masing untuk merayakan Lebaran bersama sanak saudara tentu menjadi satu hal yang sangat dinantikan, apalagi yang sudah beberapa tahun merantau dan jarang pulang…nyindir diri sendiri nih 😀 . Sayangnya tahun ini saya tidak bisa mudik, hiks hiks…maafkan aku Pake & Mae… 😥

Mudik (beritalokalpkl.blogspot.com)

Mudik (beritalokalpkl.blogspot.com)

Mudik lebaran memang paling enak menggunakan kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil. Tetapi ini hanya dilihat dari segi biaya dan juga kepraktisan setelah tiba di kampung halaman serta gengsi. Apalagi kebiasaan orang Indonesia, walaupun tidak semua tapi memperlihatkan kesuksesan dalam merantau akan terlihat jika pulang dengan kendaraan pribadi, entah motor atau mobil yang penting ada rodanya 🙂 . Sedangkan kalau untuk repotnya, jelas lebih repot dibandingkan dengan naik angkutan umum karena harus mempersiapkan segala sesuatu yang menyangkut kesehatan & keselamatan dan kenyamanan selama mudik. Bagaimana jika mudik menggunakan mobil LCGC yang katanya tidak bisa buat mudik itu?

Repotnya Mudik? (tundrace.wordpress.com)

Repotnya Mudik? (tundrace.wordpress.com)

Kata siapa tidak bisa dipakai untuk mudik? Kalau dipakai mudik dari Batam ke Jawa ya… jelas tidak bisa, kalaupun bisa akan amat sangat ribet sekali 😀 . Semua kendaraan pasti bisa dipakai untuk mudik, apalagi LCGC yang berupa mobil, pasti sangatlah bisa untuk mudik. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, dipersiapkan dan diperhatikan jika akan mudik menggunakan mobil LCGC karena mobil LCGC sejatinya adalah city car, bukan mobil AKAP 🙂

  • Pastikan mobil dalam kondisi prima sebelum dipakai mudik

Bisa dicek ke bengkel langganan ataupun bengkel resmi, terutama di bagian mesin, kaki-kaki dan juga AC. Hal ini untuk memastikan bahwa mobil benar-benar prima sebelum dan selama mudik sehingga tidak mengganggu kenyamanan di perjalanan. Apalagi jika membawa anak kecil, tentunya AC sangatlah penting saat bermacet-macetan.

  • Perhatikan kapasitas penumpang

Mobil LCGC umumnya berbentuk city car dengan dimensi yang kecil (kecuali Datsun Go+), sehingga kapasitas penumpangnya terbatas. Usahakan maksimal hanya 4 orang saja di dalam mobil selama mudik, jangan dimaksimalkan ke 5 orang karena perjalanan jauh dengan kapasitas penumpang maksimal pastinya tidak akan nyaman.

  • Perhatikan kapasitas beban barang

Masih berhubungan dengan kapasitas mobil. Kapasitas beban mobil LCGC tentulah tidak sebesar mobil “normal”. Dengan mesin 1000 cc dan beban maksimal, kasihan mesinnya nanti meraung-raung di jalanan. Pastikan beban tidak terlalu banyak sehingga tidak mengganggu kenyaman dan keselamatan akibat beban berlebih.

  • Perhatikan berat kendaraan

Berat mobil LCGC biasanya lebih ringan dibandingkan mobil-mobil lain. Jadi pastikan selama di perjalanan untuk tidak memacu kendaraannya terlalu kencang, apalagi saat di jalan tol. Kendaraan dengan berat yang ringan akan cenderung melayang dikecepatan tinggi dan susah dikontrol.

  • Ketahui karakteristik mobil dan Cara berkendara

Dan inilah yang terpenting. Menggunakan mobil apapun kalau tidak mengetahui karakteristik mobil yang dipakai akan sangat berbahaya. Karakteristik ini meliputi torsi, power, dimensi, berat, radius putar, konsumsi BBM dan lain-lain karena akan sangat berguna saat perjalanan keluar kota, apalagi di daerah pegunungan yang jalannya naik turun. Kemudian cara berkendara mobil LCGC yang cenderung kecil biasanya akan mudah dipakai untuk selap-selip. Pastikan ketahui jarak pengereman dan kecepatan yang aman saat berkendara diantara bus-bus AKAP dan truk tronton.

Mudik (MomTravelerBlog.com)

Mudik (MomTravelerBlog.com)

Nah, mungkin itu saja sedikit persiapan dan pertimbangan jika akan mudik menggunakan mobil pribadi, terutama mobil-mobil LCGC. Selamat mudik, dan hati-hati di jalan…keluarga menunggu di rumah.

 

 Sumber : vivanews, kompas

12 comments on “Mobil LCGC Buat Mudik? Bisaaa….

  1. 2015 ini kami (rombongan 4 ~ 5 mobil) mo mudik lagi mengendarai mobil dari Batam ke Surabaya. Dari Batam ke Buton / Riau. – Trans Sumatera – Merak/bakahuni/
    Perkiraan biaya bensin, kapal, dll, PP sekitar 6 juta utk satu keluarga (4~5 orang).
    Lama perjalanan sekitar 3 hari/malam. Istirahat selama perjalanan di Masjid2.

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.