Sekitar 6 bulan yang lalu, tiba-tiba klakson si Kyo (sebutan untuk Lancer CK4 Mivec kami) mati alias nggak bisa di pake tet tat tet tot… :). Dan yang lebih mengkhawatirkan, indicator untuk SRS Airbag juga ikutan nyala terus. Waduh, alamat ke bengkel lagi nih.
Hari Minggu, langsung deh ke bengkel langganan. Di cek klakson, kabel semuanya OK, dan mekaniknya bilang, kemungkinan Clock Spring-nya mas. Dan sayapun coba berdiskusi dengan mekaniknya. (S = Saya, M = Mekanik)
S = “Berapa harganya Mas kira-kira?” M = “Kalau baru sekitar 2 juta Mas” S = Wew, mahal bener…. (dalam hati) S = “Bisa dibenerin gak Mas?” M = “Dicoba dulu ya Mas, biasanya susah kalau sudah parah”Akhirnya saya minta dibongkar stir untuk memperbaiki Clock Spring-nya. Sekedar info dari Wikipedia, Clock Spring adalah sebuah instrument yang bentuk luarnya seperti lingkaran dengan lubang ditengahnya yang diletakkan di belakang kemudi/stir. Instrument ini berfungsi untuk menghubungkan piranti elektronik yang ada pada stir dengan mobil, seperti tombol volume audio, klakson dan bahkan airbag.
Setelah dibongkar terlihatlah biang keroknya. Cable di dalam clock spring putus 2 strip dari total 6 kabel strip. Kemudian kabel yang putus di solder lagi apa adanya, karena mas mekaniknya ngaku kalau ga pinter nyolder :D. Dan tak lupa mas mekanik berpesan bahwa kemungkinan akan problem lagi dalam 1 atau 2 minggu ke depan karena Clock Spring yang selalu berputar mengikuti putaran stir akan mengakibatkan solderan tadi lepas. Ya ga pa2 deh mas, yang penting bisa hidup dulu klakson-nya.
Setelah selesai disolder, clock spring dan stir di-assembly lagi. Klakson dicoba dan tet tot… 🙂 akhirnya nyala lagi. Tapi koq untuk SRS Airbag indicator masih nyala? Mas mekaniknya pun bilang, itu kemungkinan perlu di reset errornya pakai komputer.
Yo wis mas,mungkin next time saja.. 😐
Pingback: Klakson Kyo – Si Lancer Evo 4 Mati Lagi, Saatnya DIY! | 4G92 Mivec Blog
Oh ya gan… Indikator srs nya masih hidup gak?
Masih mas… mobil tua soalnya 😀